29 Dec 2010

Birthday's Bracelet for Decca

Decca.... temen aku di SD I Halim PK sejak kelas 4 sampai kelas 6, ketemu lagi kelas 1 SMP di SMP St. Vincentius Putri.... berpisah karena ayahnya pindah tugas ke Makassar waktu dia kelas 2 SMP. Ga ketemu lagi..... ketemu2 waktu pindah ke Jatiwaringin - udah kuliah. Ternyata mamanya tetangga seberang-seberangan dengan bapak. Karena kesibukan jaraaang ketemu..... kecuali kalau Natal - biasanya aku bertandang ke rumahnya, ketemu ibunya, yang baiknya luar biasa.....

Decca..... yang ulang tahunnya pas hari Natal, 25 Desember, tapi entah karena alasan apa memindahkannya jadi 11 Januari - dan entah kenapa aku selalu menganggap ulang tahunnya tetap tanggal 25 Desember.

Decca.... yang nama belakangnya mencerminkan bahwa dia anak AURI.... Radarwati... :)

Decca.... yang temennya banyak - ga kaya aku yang pendiam (dulu...)....

Decca .... yang selalu rapih dalam berpenampilan..... bahkan ke rumah akupun dia pake sepatu, dandan lengkap .... ga kaya aku yang acak adul....

This is for your birthday



Happy birthday........... wish you all the best..............

28 Dec 2010

Ring of Flame and Ring of Purity

Tadi sedang asik lihat-lihat internet seperti biasa membuat perhiasan uwer-uwer. Sampai di bagian cincin, langsung inget kan belum kumpulin barang lagi untuk C4C dalam rangka Imlek.... rasanya masih punya swarovski AB 12 mm warna merah. Bener ternyata ada; sayang kawat ga punya yang 0,8 adanya 1mm. Terpaksa pakai itu... udah bisa dibayangkan sulitnya membentuk cincin. Untuk membentuk cincin sebetulnya ada alat khusus, tapi karena belum punya jadi pakai marker (spidol untuk papan tulis). Bulatannya persis sebesar keliling jari tengah aku. Karena bukan alatnya, lari-larilah itu kawat. Tapi akhirnya berhasil. Ini dia hasilnya:


Karena lagi bikin cincin sekalian aja aku ngebongkar cincin mutiara lama yang acak aduk (wah harusnya tadi difoto supaya kelihatan bedanya... lupa). Kawat 1 mm habis, 0.8 ga punya. Jadi deh pakai 0.7mm... duh kelewat lemes, dibikin cincin malah sulit, bulatannya lari-lari... Akhirnya jadi juga, kurang bagus.... tapi hitung-hitung latihan. Kalau menurut mbak Yo, harus sering-sering latihan... supaya tangannya lemes.
Ini dia cincin mutiara:

Tampak samping

Tampak atas

Kelihatannya bulatan cincin mutiara harus dibungkus lagi dengan lilitan.... nanti deh, kalau kawatnya sudah ada. Serba minim ni.... belum sempat belanja dan uangnya juga belum ada... :( kasiaannn deh....

Japanese Lantern

Menjelang Imlek jadi teringat lampion.... kepingin sekali bisa bikin lampion. Saya sudah cari-cari di youtube, tapi tekniknya rumit sekali. Maklum pemula yang sudah mulai manula... jadi kalau sudah agak rumit bingung deh... pusing... Akhirnya nemu yang gampang Japanese Lantern, lampion juga tapi gaya Jepang. Mirip-mirip bikin baju, hanya bagian tangan tidak dibuka. Ini hasilnya:

25 Dec 2010

Craft for Charity - Pertemuan ke 5

Jumat, 24 Desember 2010 ada janji dengan teman-teman C4C di Giggles FX (sejenis mineapolisnya Plaza Indonesia) - tempat main anak-anak. Janjian jam 11, seperti biasa saya telat *emang kalau hari libur selalu jam karet.... :( susah banget mau tepat waktu*. Dengan PD langsung minta dianter ke Plaza Indonesia..... iiihhhh kacauuu banget...... Padahal aku yang nyebarin info aku juga yang salah tempat.... FX di Senayan, EX di sebelah Plaza Indonesia.... wkwkwkwk..... ampyun..... jadi bisa dibayangin dong telatnya kaya apa....

Akhirnya pas ketemu, mereka lagi makan. Ketemu 1 lagi teman baru, mbak Ika (Ika Reni Sulityani) yang tinggal di Cibinong. Beliau membawa pin C4C .... keren abis tu pin....


Selain itu juga banner..... sebelum pulang kita sempat berfoto dengan si banner


ok punya ya..... pinkyssss abisss.................

Mbak Ika pinjem barang2 C4C untuk dijual di Bazar di Cibinong. Mudah-mudahan banyak laku..... biar uang cepat terkumpul dan ada sejumlah uang yang bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk membantu generasi muda memperoleh ketrampilan yang berguna untuk masa depan mereka.

Temen satu lagi yang baru dateng adalah mbak Nuning alias Diyaning..... Rupanya spesialisasinya beads.... alamaaakkkk brossnya keren-keren banget. Dia belajar dari bukunya mbak Yoanna... memang berbakat jadi hasilnya juga cantik...

C4C makin mateng, tanggal 15-31 Januari 2011 sebentar lagi..... itulah event besar kita yang pertama.... Pertemuan berikut harus ngebahas ini.

Brown Sugar Pendant

Pas lagi nyelesaiin kalung batu pecah.... eh nemu beads 4 biji, 3 kecil2 banget 1 biasa. Sayang banget ya kalau ga diapa-apain. Akhirnya aku ambil kawat mulai deh diuwer-uwer; gayanya sok ngikutin bak Yoanna.... Hehehe tapi hasilnya ancur.... namanya juga latihan, biasa kan kalau ada yang hancur-hancuran.... Ini dia brown sugar pendant.

24 Dec 2010

Beautiful Friday Necklace and Earrings

Tadi pagi-pagi telepon kakak ipar, setelah ngobrol sana sini beliau minta tolong bikinin anting untuk temannya. Masih muda... itu saja info tambahannya.... bentuk terserah; wah bikin yang gimana yaaa.... Setelah memandang-mandang kotak wasiat (yang isinya beads) jadi dipilih batu biru. Alasannya, temen kakak ini baru datang dari Jerman.... Biasanya orang-orang dari luar sono suka yang batu-batu dof. Untuk ngiketnya dengan sangat terpaksa pakai kawat yang gold..... padahal pengen pakai silver, tapi silver adanya 0,6 mm. Ga akan kuat nyangga batunya.... apa boleh buat, semoga sang temen suka. Ini hasilnya,


Sore-sore pulang dari pertemuan C4C, sambil ngantri giliran pakai komputer buka-buka lagi kotak wasiat.... ada 2 kalung yang belum selesai. Yang satu, yang ada motifnya rasanya mentok banget; ga ada ide mau diapain, baru dirangkai dengan kawat... ga oke. Satu lagi batu pecah dengan loop yang uwer-uwer *istilah mbak Yoanna* udah 1/2 jadi juga.... Mau digabung dengan batu bulet motif, kok rasanya aneh banget. Alhasil si batu pecah sendirian digarap dengan membuat rantai ala uwer-uwer sedikit. Beginilah hasilnya,


Lumayan, tinggal bikin kaitnya saja............... eh dan antingnya..... hmmmm mungkin juga gelang dan cincinnya.... all depends....  :)

22 Dec 2010

Pink Rose Bracelet in an origami box

Pengen bikin gelang untuk kakak ipar yang ulang tahun Sabtu lalu (tgl. 18 Desember), tapi beadsnya kekecilan; udah gitu warna pinknya terlalu muda. Tapi berhubung belanjanya online dan ga bisa ngira2, jadi deh terpaksa dipakai juga beads kecil2 itu. Jadi mulailah di-uwer2 pake kawat 0,7 (atau 0,6 ya?....lupa yang pasti bukan 0,8 karena ga ada - habis di-mana2).

Tadi siang dateng swarovsky warna pink; udah seneng banget ternyata ga da lubangnya.... matek aku... gimana nih.... Begitu deh diuwer-uwer lagi yang penting bisa disangkutin.

Beginilah hasil uwer2 sana-sini itu:


Habis itu bikin boxnya, pake origami... cari di youtube dapet bikin box pake tutup.... Ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=RZS8zS8p98M .........Jadi deh, ini hasilnya:


Happy Birthday my dearest kak Titi..... wish you all the best.....

Origami - first project

Ternyata origami menarik juga..... gara-gara teman C4C, Siendy dan Inge, melihat bagaimana mereka membuat origami bikin gemes dan penasaran. Kok bisa dari kertas bujur sangkar dibuat berbagai bentuk.... Yang bikin aku kagum banget waktu Inge bikin lipatan-lipatan kecil, setelah digabung jadi bola berduri yang warnanya baguuussss banget.... aduh duh jadi penasaran...

Jadi deh iseng beli kertas dan langsung browsing internet.... cari yang paling gampang; voila... ada starbox; ini linknya http://www.youtube.com/watch?v=jjviEp1UQZw&feature=fvw ......   ada gunanya juga kan nantinya bukan cuma pajangan.... Lipat sana lipat sini dan inilah jadinya:


Bisa dijadikan tempat beads


atau tempat pinsil


Seneng juga; jadi pengen bikin bentuk-bentuk yang lain. Siapa tahu nanti-nanti bisa bikin bola api atau lampion.... tanpa melupakan beads tentunya..... hmmmm mungkin bisa digabung ya *mulai ngayal*

21 Dec 2010

Teaching Beadworks (??)

Kok judul ngajar dikasih tanda tanya.... he he, saya orang yang paling parah kalau disuruh mengajar orang. Rasanya sangat tidak PD; makanya ini profesi yang kalaupun saya jalankan pasti dengan keterpaksaan luar biasa. Groggiii.... Padahal sudah mengajar juga bertahun-tahun, di kampus, sesuai dengan disiplin ilmu yang saya pelajari selama bertahun-tahun secara formal. Tapi tetap panas dingin kalau harus bicara di depan orang banyak dan menjadi pengajar.... Rasanya ilmu saya kurangnya kurang...

Makanya, begitu 2 teman Farmers, Camz (nama aslinya Dewi Waty) dan Nattttt (nama aslinya Natalia Widjaja Lie) minta diajarin ngebead, saya panik juga..... ilmu saya masih kerendahan untuk bisa mengajar ke orang lain; tapi di sisi lain saya juga penasaran ingin menjajal kemampuan saya mengajar bead.

Jadilah hari Sabtu lalu, 18 Desember 2010, kami bertiga eh berlima....(ditemani hubbyku dan pacar Nattt) janjian ketemu di Starbuck Central Park untuk belajar mengajar bead. Bahan-bahan sudah saya siapkan, saya cari di Nida dan sudah dibikin dalam bentuk kit untuk kalung, gelang dan anting. Ternyata kedua murid saya ini sangat berbakat dan inilah hasilnya:

  Hasil Karya Camz

  Hasil Karya Nat

     Camz dan Natttt dengan rangkaian beads

7 Dec 2010

Pink and purple holiday

Hari ini libur 1 Muharram 1432H, tahun baru......

Sambil santai di rumah, bongkar-bongkar kotak tempat beads.... Ada sisa beads mutiara2an sisa dari bikin bros dan kerang2an akrilik sisa dari bikin kalung. Wah kayanya bisa dibikin ni...
Setelah diuntar-untir sana sini, dengan sekian puluh kali salah untir sampai kawat jadi habis.... jadilah purple holiday earrings dan pink holiday bracelet......


5 Dec 2010

Craft for Charity - Pertemuan ke 4

Dari tempat mbak Yoanna aku langsung tancap ke Minneapolis lantai 3 Plaza Indonesia.... ada janji ketemu dengan teman2 C4C. Wowww.... hari ini temanya merah... merah tanda berani dan semangat......
Hari ini komplit, semua datang..... tambah mbak Ida.... penasehat kita. Indri dalam keadaan sakit, badannya panas dingin, demam, tapi karena semangatnya juga datang....

Meeting hari ini ketemu dengan bagian eventnya Minneapolis..... aduh sedih ternyata slot untuk bazar bulan desember udah ga bisa, udah penuh... Jadi ditawarkan untuk mengisi event pertengahan-akhir Januari dengan tema Imlek dan awal-pertengahan Februari dengan tema Valentine. Apa boleh buat, karena memang itu yang ada... diambil hikmahnya saja, berarti makin banyak waktu untuk mengumpulkan barang. Nanti pada waktu event, C4C juga akan membuka workshop singkat untuk berbagai jenis crafts. Yang pasti kita semua siap untuk mengajar di workshop tersebut dan siap juga untuk jaga barang... all out....

Senang ada mbak Ida, penasehat kita, itu lho yang punya PERNIQ'S (beadworksnya cantik2 sekali). Beliau sangat bersemangat, dan pengennya cepat2 mulai bergerak... gemes katanya..karena harus tertunda.... Beliau akan menyumbang bahan dan guru untuk workshop beads. Wahh luar biasa.... kita jadi ketularan semangat....
SEMANGAT....SEMANGAT.... ayo bikin lagi crafts sebanyaknya...............


Ini dia wajah-wajah bersemangat Tim Merah.... C4C...........

My First Wireworks

Add caption
Hari Sabtu tanggal 4 Desember 2010 merupakan hari besejarah..... hehehe.... serius amat yaa.... Sebenarnya bersejarahnya dalam arti itulah pertama kali saya belajar bikin wireworks. Belajarnya ke mbak Yoana, pakar wireworks.... Hasil karya beliau luar biasa, bisa dilihat di http://yoannafashion.multiply.com dan rupanya kesabaran beliau juga patut diacungi jempol.

Mengenal wireworks ternyata sangat menarik. Berbeda dengan beadworks yang lebih banyak berorientasi pada kemampuan dan kreativitas  menggabungkan berbagai material (semua materialnya bisa dibeli) ; maka pada wireworks ini modalnya hanya kawat dan beads... semua bentuk harus dibuat dengan tangan.

Pelajarannya dimulai dengan mengenal berbagai bentuk kawat, kemudian dilanjutkan dengan membuat loop sederhana, loop yang lebih rumit dan akhirnya menggabungkan semuanya sehingga menjadi perhiasan yang indah. Wah sulit juga, tangan kaku... hehe... terutama kalau harus mulai menguntir menjadi berbagai bentuk yang cantik.... Jadi hanya dengan modal kawat dan beads kita dapat membuat satu set perhiasan. Yang dibutuhkan disini adalah kreativitas dan kesabaran serta ketekunan. Dalam waktu 2 jam jadilah satu set perhiasan yang terdiri dari gelang, cincin dan anting2. Rasanya waktu lihat hasilnya bangga juga.... hehe padahal masih basicnya basic.... Masih jauuuhhhh.....

Kebetulan di waktu yang sama ada yang juga sedang kursus tapi sudah tingkat advance..... Wowwwww sulit sekali membuat anyaman dari kawat dan diantaranya diletakkan beads..... bisa sampai sanaaa ga ya kira2... penasaran banget.... HARUS BISA...... SEMANGATTTT.............
Besok mulai bikin lagi yang baru.......